Selasa, Mei 19, 2009

Kunjungan Mahasiswa FE UNSIKA Ke PT. Bursa Efek Indonesia Tbk.

Dalam rangka peningkatan mutu dalam sistem belajar-mengajar di Program Studi S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi UNSIKA Karawang, mahasiswa melakukan kunjungan ke PT. Bursa Efek Indonesia Tbk. (BEI) Jakarta pada hari Senin Tanggal 18 Mei 2009 jam 13.00 s.d. jam 16.00 WIB. Kunjungan ini diterima langsung oleh Corporate Secretary BEI, Bapak Taufiq Rochman.

Taufiq Rochman mengatakan, di pasar modal, laporan keuangan memiliki fungsi yang sangat strategis untuk menggambarkan kinerja perusahaan sebagai landasan mengambil keputusan dalam melakukan investasi. Pada dasarnya penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan juga dimaksudkan sebagai alat bantu bagi manajemen internal untuk mengetahui kondisi keuangan sehingga dapat menentukan kebijakan keuangan secara tepat. Jenis Laporan Keuangan yang lengkap meliputi Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Modal dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Menurut Ketua Program Studi S-1 Manajemen (Eman Sulaeman, SE., MM.) “Dalam kunjungan ini diharapkan mahasiswa mendapatkan wawasan baru bagaimana pentahapan manajemen risiko dilakukan, mulai dari :
1.Mengidentifikasi terlebih dahulu risiko-risiko yang mungkin akan dialami oleh perusahaan
2.Mengvaluasi atas masing-masing risiko ditinjau dari severity (nilai risiko) dan frekuensinya.
3.Pengendalian Risiko yakni pengendalian fisik (risiko dihilangkan, risiko diminimalisir) dan pengendalian finansial (risiko ditahan, risiko ditransfer).


Mahasiswa harus mampu melengkapi dirinya dengan keterampilan, pengetahuan, praktik dan pengalaman yang membuatnya mampu berkompetisi di pasar tenaga kerja, khususnya dibidang manajemen risiko”.

Sementara Dosen Program Studi D-3 Akuntansi, H. Ahmad Nawawi, SE. yang mendampingi Mahasiswa selama kunjungan berharap, mahasiswa dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini, “walaupun sifatnya outing, peserta kunjungan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan mereka dengan mencermati secara aktif apa saja yang ada di Bursa Efek Indonesia sehingga mempercepat pemahaman teknologi khususnya di bidang manajemen risiko mapun yang lainna (akuntansi),” ujarnya.

Dipandu oleh Taufiq Rochman, para mahasiswa diajak untuk melihat langsung situasi pasar modal di Bursa Efek Indonesia. Mereka juga dibekali pengetahuan tentang pasar modal khususnya investasi pada saham, obligasi dan mengetahui cara membaca laporan keuangan. Peserta kunjungan cukup antusias mengikuti sesi diskusi seputar Bursa Efek yang saat ini sedang hangat dibicarakan seperti pembelian kembali saham (buyback) oleh perusahaan-perusahaan didalam negeri, mulai transaksi jual beli saham dalam perspektif syariah, sampai penawaran umum terbatas (right issue) kepada pemegang saham yang ada untuk mendapatkan saham baru.



“Kegiatan kunjungan ke BEI ini murni dibiayai secara mandiri oleh semester 6 program studi S-1 Manajemen FE UNSIKA dengan melakukan iuran dan Alhamdulillah mendapat respon yang positif, rekan-rekan mahasiswa yang mendaftar dari berbagai semester tidak semuanya dapat mengikuti acara ini mengingat terbatasnya kuota yang diberikan oleh pihak BEI,” jelas Ismayanto, Ketua Pelaksana kunjungan ini.

“Ke depan BEM FE UNSIKA diharapkan dapat membuat program sejenis guna menambah wawasan keilmuan bagi mahasiswa,” tambahnya.

Tidak ada komentar:


Sesama Saudara Harus akuuur .... serasi kan

Wisata Pendidikan

Wisata Pendidikan
Inda Kirana Protokol Democrazy Menerima Cendramta Dari FE UNSIKA