Rabu, Oktober 08, 2008

SYARAT BAGI MAHASISWA YANG INGIN MENJADI PENULIS KREATIF


Menulis itu penting. Menulis erat kaitannya dengan peradaban. Dalam dunia Antropologi,dikenal pemeo: sebagaimana bahasa membedakan manusia dari binatang, begitu pula tulisan membedakan manusia beradab dari manusia biadab. Dengan kata lain, tulisan hanya terdapat dalam peradaban, dan peradaban tidaklah ada tanpa tulisan (Gelb, 1969: 221-222 dlm Tarigan).

Jadi, jika ingin dijuluki orang beradab dan sekaligus menolak untuk disebut sebagai orang biadab, mulailah untuk membiasakan menulis.

Menulis adalah tradisi kalangan terpelajar, pemikir, sekaligus para pemimpin besar dunia pada zamannya sejak ratusan silam.

Tulisan Berfungsi sebagai sarana aktualisasi sekaligus menunjukkan eksistensi dirinya kepada masyarakat luas.

Melalui tulisan, eksistensi dan reputasi mahasiswa sebagai kaum intelektual dan ilmuwan diakui oleh masyarakat dan komunitas kampus.

Syarat Jadi Penulis:

1.Teknikal; Menunjuk pada kemampuan menggunakan alat atau mengoperasikan peralatan: komputer, laptop, mesin tik, dsb.
2. Mental; Menunjuk pada tekad, semangat, dan kemauan keras untuk terus belajar dengan disertai sikap pantang menyerah. Tahan banting. Mental baja.
3. Biasa Membaca; Menunjuk pada kebiasaan budaya baca sebagai kebutuhan pokok sehari-hari. Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Penulis yang kreatif dan produktif adalah pembaca yang produktif pula.
4. Intelektual; Berkaitan dengan visi akademis, daya nalar, wawasan ilmu pengetahuan, serta kemampuan dalam menyajikan tulisan secara logis, sistematis, dan analitis dengan didukung oleh refe-rensi yang relevan, aktual, dan representatif. Menulis adalah kegiatan kreatif intelektual. Dalam bekerja, seorang intelektual tentu akan lebih banyak menggunakan rasionya daripada kekuatan ototnya.
5. Sosiokultural ; Berkaitan dengan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sosial termasuk menjalin komunikasi dengan pihak media massa. Penulis harus supel, pandai bergaul, bisa menyesuaikan diri, diterima oleh siapa saja, akrab dengan siapa saja.

Sesama Saudara Harus akuuur .... serasi kan

Wisata Pendidikan

Wisata Pendidikan
Inda Kirana Protokol Democrazy Menerima Cendramta Dari FE UNSIKA