Senin, Maret 05, 2018

TINGKATAN PERSAHABATAN

Ada beberapa dosen yang bertanya kepada saya sebut saja perwakilan dosen tersebut namanya Pak Tis’ah.  Akhirnya terjadi dialog, berikut petikannya:

Pak Tis’ah : Sejak kapan Pak Eman bersahabat dengan Pak Edi dan Pak Rahmat serta yg lainnya ?
Pak Eman : Yahh...lumayan kurang lebih 18 tahun. Mengapa Anda bertanya itu ?
Pak Tis’ah : ahh...nggak Pak, spertinya Pak Eman enak  bersahabat dengan orang lain termasuk dengan Pak Edi dan Pak Rahmat.
Pak Tis’ah : apa sih...rahasianya..spertinya bapak enak banget bersahabat dengan mereka.
Pak Eman : Begini..supaya tahu saja, Pak Edi  dan Pak Rahmat itu serta yang lainnya... tak pernah marah-marah sama saya, kecuali marahnya karena Lillahi Ta’ala.
Pak Tis’ah : Marah karena Lillahi Ta’ala itu, Apa maksudnya ?
Pak Eman : Maksudnya... Pak edi dan pak rahmat kalau marah sama saya itu, sesunggunya supaya saya menjadi pribadi yang baik. Itu pun di lakukan dengan cara-cara baik.
Pak Tis’ah : Cara-cara baik nya seperti apa ?
Pak Eman : Beliau-beliau negur saya langsung, itu pun di lakukan di ruang tertutup, bukan ditempat umum atau banyak orang, karena beliau-beliau tahu persis tentang saya.
Pak Tis’ah : Tahu peris itu maksudnya apa pak ?
Pak Eman : Beliau-beliau itu (Pak Edi dan Pak Rahmat) sangat tahu..bahwa setiap orang itu punya harga diri, punya perasaan, punya pendidikan, punya kehormatan yang wajib dan perlu di lindungi...
Pak Tis’ah : Ooohh..iya ya...Super Sekali (sambil menirukan Mario Teguh). Ngomong-ngomong pernah gak bapak dimarahin orang ?
Pak Eman : Ya..seingat saya....pernah sih.
Pak Tis’ah : Kayak gaimana tuh Pak ?
Pak Eman : Sakit sih....sakitnya nya tuh disni..he..he.. Tapi ya sudah... Ya..saya anggap biasa saja , bukan subtansi...karena yang dipersoalkannya bukan akidah. Saya nggak layani, ngapain.. ngelayanin yang suka marah-marah, mending pergi saja...ngopi..he..he.. Yang susah itu melawan diri sendiri supaya tidak marah. Jadi itulah yang menjadi persahabtan saya itu indah sekali...
Pak Tis’ah : Ok. Ok. Ok lah kalau begitu Pak. Kira kira apa yah... kesimpulannya obrolan ini.
Pak Eman : Begini, secara teori...persahabatan itu ada tiga tingkatan:
1. Persahabatan karena dunia, maka ini akan luntur seiring dengan hilangnya sebab.
2. Persahabatan karena kemaksiatan, maka ini akan berbalik menjadi permusuhan.
3. Persahabatan karena nilai agama (riligius) , maka ini akan kekal baik di dunia maupun di akhirat.
Menurut seorang penyair: Jangan kau bertanya tentang seseorang, tapi tanyalah tentang sahabatnya atau temannya, karena setiap teman itu mengikuti jejak temannya.
Pak Tis’ah : Ok. Trimakasih ya pak atas waktunya, semoga obrolan ini bermanfaat.
Pak Eman : Ok sama sama..semoga kita bisa menjalin persahabtan di dunia dan akhirat..Aamiin.


Referensi

Tidak ada komentar:


Sesama Saudara Harus akuuur .... serasi kan

Wisata Pendidikan

Wisata Pendidikan
Inda Kirana Protokol Democrazy Menerima Cendramta Dari FE UNSIKA